Skip to main content

Genset Adalah

 Secara umum generator adalah sebuah mesin yang dapat mengubah energy gerak (mekanik) menjadi energi listrik (elektrik). Biasanya generator disebut juga “genset” yang berarti generator set. Generator set dengan pengertian adalah satu set peralatan gabungan dari dua perangkat berbeda yaitu engine dan generator atau alternator engine sebagai perangkat pemutar, sedangkan generator sebagai perangkat pembangkit listrik.

Generator sendiri sumbernya bermacam macam. Pada generator listrik memproduksi energi listrik dari sumber energi mekanik, Biasanya menggunakan induksi elektromagnetik. Proses ini dikenal sebagai pembangkit listrik. Pada pembangkit listrik gerak dari generator didapatkan dari proses pembakaran bahan bakar diesel. Jika disimpulkan dari beberapa di atas diesel generator berarti sebuah mesin diesel yang berfungsi untuk menggerakkan generator sebagai pembangkit listrik dengan menggunakan bahan bakar diesel atau yang biasa disebut solar. Terdapat dua jenis generator, yaitu (AC) arus bolak balik dan generator (DC) arus searah pada generator (AC) arus bolak balik kumparan yang diletakkan pada batang diputar dalam medan magnet yang diam sehingga menghasilkan tenaga induksi.

Genset sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Genset ini ditemukan oleh dua orang ilmuwan ini yaitu Michael Faraday dan Rudolph Diesel. Michael Faraday pada tahun 1831 menemukan induksi elektromagnetik yang kemudian berkembang menjadi generator modern. Michael Faraday menggunakan cincin induksi untuk menemukan induksi elektromagnetik.

Induksi listrik di kawat dengan menggunakan efek elektromagnetik dari arus kawat lain merupakan transformator pertama dan kemudian

dilanjutkan dengan penemuan proses induksi magnet-electric (produksi arus listrik stabil). Pada mesin terpasang dua kawat dengan menggunakan kontak geser ke disk tembaga, di putar pada disk melalui kutub magnet dan menghasilkan arus searah terus menerus. Mesin tersebut merupakan generator pertama yang dibuat

Pada tahun 1982 Hippolyte Pixii, seorang produsen peralatan dari Perancis menyempurnakan mesin genset yang ditemukan oleh Michael Faraday. Hippolyte menemukan kekurangan pada mesin genset buatan Faraday yaitu listrik yang dikeluarkan dari tahap gesekan cakram tembaga sangat kecil. Pada akhirnya Hippolyte Pixii menambahkan dinamo pada mesin genset Faraday.

Dinamo tersebut merupakan alat bantu dalam menghasilkan aliran listrik tambahan sehingga daya yang ditampung lebih banyak. Genset dari Faraday dan Pixii tersebut kemudian disempurnakan lagi oleh Antonio Pacionotti. Pacionotti menganggap bahwa pada mesin genset tersebut terdapat kekurangan saat menghasilkan daya listrik karena menginduksi aliran arus listrik tanpa diikuti arus selanjutnya. Kemudian pacionitti mengubah alat pada kumparan menjadi kumparan torodial yang dia ciptakan.

Rudolph Diesel menemukan generator diesel dan mematenkan hasil penemuannya pada tahun 1892. Mesin yang dipatenkan oleh Rudolph Diesel adalah mesin dengan metode dan desain mesin yang pembakaran akan berlangsung di silinder. Rudolph ingin membuat mesin diesel yang memiliki efisiensi yang baik, dengan kegigihan dan kerja kerasnya Rudolph berhasil memproduksi mesin diesel yang mempunyai efisiensi 75%. Desain mesin yang terdiri dari kopling mesin diesel dan generator masih digunakan sampai sekarang.

Genset diesel memiliki ukuran yang besar, berat, dan memiliki suara yang bising, tetapi seiring berkembangnya teknologi gneset diesel sekarang ini desainnya disesuaikan dengan kapasitas dan kebutuhan, suaranya sudah berkurang tingkat kebisingannya dan hamper sebanding dengan genset

bensin. Michael Faraday dan Rudolph Diesel adalah dua orang yang sangat berjasa dalam penemuan genset ini . Genset yang digunakan sekarang telah melalui berbagai penyempurnaan dengan teknologi terbaru yang semakin memudahkan kita untuk menggunakannya.

Comments

Popular posts from this blog

program bahasa c membantu kasir memisahkan kembalian

SOAL BAHASA C USING DEV++ Buatlah program untuk membantu kasir swalayan untuk memisahkan pecahan uang kembalian menjadi 50.000. 20.000, 10.000,5.000, 2.000, 500 dan   100 Dengan menginputkan jumlah kembalian!   #include <stdio.h> #include <stdlib.h> #include <conio.h> void main() {     int a,b,c,d,e,f,g;     int kembalian;     printf ("jumlah uang kembalian = ");     scanf ("%i",&kembalian);        a=kembalian / 50000;     b=(kembalian - (a * 50000)) / 20000;     c=(kembalian - ((a * 50000) + ( b * 20000))) / 10000;     d=(kembalian - ((a * 50000) + ( b * 20000) + (c * 10000))) / 5000;     e=(kembalian - ((a * 50000) + ( b * 20000) + (c * 10000) + ( d * 5000)))/1000;     f=(kembalian - ((a * 50000) + ( b * 20000) + (c * 10000) + ( d * 5000) + ( e*1000)))/500;     g=(kembalian - ((a * 50000) + ( b * 20000) + (c * 10000) + ( d * 5000) + ( e*1000) + ( f*500)))/100;        printf ("\n %i %s",a,"le

Program Bahasa C mencari bilangan terbesar dan terkecil dari 5 data.

SOAL BAHASA C using DEV++ Buatlah program mencari bilangan terbesar dan terkecil dan menjumlahkan dan merata rata, 5 nilai yang di inputkan dengan range 0-100 !!     #include <stdio.h> #include <stdlib.h> void main() {     int a,b,c,d,e,max,min,jumlah;     float rata2;        printf("masukan nilai ujian ke-1 ="); scanf("%i",&a);     printf("masukan nilai ujian ke-2 ="); scanf("%i",&b);     printf("masukan nilai ujian ke-3 ="); scanf("%i",&c);     printf("masukan nilai ujian ke-4 ="); scanf("%i",&d);     printf("masukan nilai ujian ke-5 ="); scanf("%i",&e);     if ( a>b && a>c && a>d && a>e)     {         max=a;     }     if ( b>a && b>c && b>d && b>e)     {         max=b;     }     if ( c>a && c>b && c>d && c>e)   

menginputkan, menghitung dan mencetak perkalian matrik 3 X 3 menggunakan bahasa c

SOAL BAHASA C USING DEV++ Buatlah program untuk menginputkan, menghitung dan mencetak perkalian matrik 3 X 3 ! #include <stdio.h> #include <stdlib.h> void main () {     int A[3][4], B[3][3],X[3][3],i,j;         /*********** MASUKAN MATRIK A ***********/     for (i=0;i<3;i++)     {         for (j=0;j<3;j++)         {             printf ("input data matrik A[%i][%i]:",i+1,j+1);             fflush(stdin);             scanf("%i",&A[i][j]);         }     }             /*********** MASUKAN MATRIK B ***********/     for (i=0;i<3;i++)     {         for (j=0;j<3;j++)         {             printf ("input data matrik B[%i][%i]:",i+1,j+1);             fflush(stdin);             scanf("%i",&B[i][j]);         }     }         /*********** PROSES PERKALIAN MATRIK A dan B ***********/     for (i=0;i<3;i++)     {         for (j=0;j<3;j++)         {             X[i][j]=((A[0][