Skip to main content

REALITA MORALITAS GENERASI MUDA dI INDONESIA



REALITA MORALITAS GENERASI MUDA dI INDONESIA
            Generasi muda sekarang ini menjadi bahan perbincangan oleh semua kalangan masyarakat, karena generasi muda adalah generasi penerus bangsa yang nantinya sebagai pemegang nasib bangsa ini, maka generasi mudalah yang menentukan semua apa yang di cita -citakan bangsa dan negara ini. Mengingat generasi muda merupakan tonggak dari suatu bangsa, maka dari itu bagaimana sikap moral bangsa tercermin dari sikap moral dari generasi mudanya. Dan terciptalah pertanyaan. bagaimana moralitas generasi muda saat ini? Dari pertanyaan tersebut kita bisa telusuri dari lingkup kecil pada dunia pendidikan contoh pada sekolah, kita bisa melihat moral generasi muda pada saat ujian sekolah berlangsung, pada saat inilah pusat perhatian penilain moral dari siwa-siswi tersebut, kegiataan mencontek pada saat ujian sepertinya sudah menjadi budaya dan moral yang sangat buruk pada generasi muda, melakukan apapun demi mendapatakan selembar nilai yang baik. Dengan melihat realita tersebut seharunya pihak sekolah bersinergi mewujudkan tekad bersih dari budaya mencontek, karena budaya mencontek merupakan penyakit akut menyangkut mentalitas dan moral generasi muda.
            Pada sisi lain moralitas generasi muda dapat di nilai dari perilakunya, seperti hal tawuran pelajar, fenomena tawuran dikalangan pelajar ini seperti sudah merebak bahkan bisa dikatakan telah menjadi tradisi di dunia persekolahan, prilaku tawuran antar pelajar bukan hanya menggangu ketertiban dan keamanan umum, kerugian harta benda atau koraban cedera sering terjadi. Bahkan ratusan nyawa melayang sia-sia hanya Karena peristiwa tawuran. Maraknya tawuran pelajar dipicu oleh banyak factor, rendahnya kualitas pribadi dan social siswa, mendorong mereka berprilaku tidak sesuai norma tersebut. Perilaku menyimpang ini umumnya timbul dari masalah sepele atau bisa saja disebabkan oleh hal-hal serius menjurus pada tindakan bentrok. Tawuran yang melibatkan generasi muda ini memperlihatkan bukti semakin merosotnya moral dan karakter bangsa.
            Banyak sekali prilaku-prilaku generasi muda saat ini, pergaulannya pun bermacam-mcam hal ini lah yang menjadi sorotan penting dari bagaimana moral generasi muda pada pergaulannya. Hal heran yang kita lihat adalah adanya pemberitaan bahwa siswi SMA hamil di luar nikah, inilah pemikiran negative bagaimana pergaulan anak siswi tersebut di luar rumah. Pergaulan bebas dikalangan anak remaja merupakan realitas social yang sekarang ini banyak terjadi dalam masyarakat. Moralitas generasi muda terasa tendah. Bagaimana bisa siswa sekolah menegah atas sudah mengenal pergaulan sex bebas, kemudian hamil di luar nikah dan tidak bisa melanjutkan sekolah karena dikeluarkan. Mereka pun terpaksa mengugurkan kandungannya secara sembunyi sembunyi. Tidak hanya itu generasi muda yang sudah mengenal tentang obat obatan terlarang, meminum-minuman keras banyak diperbincangkan di kalangan masyarakat dimana banyak sekali pengedar narkoba adalah anak muda yang masih sekolah. Mereka mendapatkan upah dari mengedarkan narkoba tersebut. Bahkan mereka menjadi pemakai bahkan pecandu narkoba.
            Realita yang kita lihat pada pemaparan diatas, banyak hal yang disayangkan dari generasi muda saat ini. Sepertinya degredasi moral lah hal cocok untuk realita saat ini. Tapi bagaimana kita, seluruh elemen negara dan bangsa Indonesia untuk bersama-sama membangun generasi muda yang bermoral, berkarakter dan beretika. Bisa dimulai dari memberikan pendidikan moral dan etika dari pendidikan dasar, orang tua mulailah memberikan pendidikan karakter dan kontroling. Disinilah peran orang tua dan guru sangat penting untuk moral bangsa Indonesia yang baik.

Comments

Popular posts from this blog

program bahasa c membantu kasir memisahkan kembalian

SOAL BAHASA C USING DEV++ Buatlah program untuk membantu kasir swalayan untuk memisahkan pecahan uang kembalian menjadi 50.000. 20.000, 10.000,5.000, 2.000, 500 dan   100 Dengan menginputkan jumlah kembalian!   #include <stdio.h> #include <stdlib.h> #include <conio.h> void main() {     int a,b,c,d,e,f,g;     int kembalian;     printf ("jumlah uang kembalian = ");     scanf ("%i",&kembalian);        a=kembalian / 50000;     b=(kembalian - (a * 50000)) / 20000;     c=(kembalian - ((a * 50000) + ( b * 20000))) / 10000;     d=(kembalian - ((a * 50000) + ( b * 20000) + (c * 10000))) / 5000;     e=(kembalian - ((a * 50000) + ( b * 20000) + (c * 10000) + ( d * 5000)))/1000;     f=(kembalian - ((a * 50000) + ( b * 20000) + (c * 10000) + ( d * 5000) + ( e*1000)))/500;     g=(kembalian - ((a * 50000) + ( b * 20000) + (c * 10000) + ( d * 5000) + ( e*1000) + ( f*500)))/100;        printf ("\n %i %s",a,"le

Program Bahasa C mencari bilangan terbesar dan terkecil dari 5 data.

SOAL BAHASA C using DEV++ Buatlah program mencari bilangan terbesar dan terkecil dan menjumlahkan dan merata rata, 5 nilai yang di inputkan dengan range 0-100 !!     #include <stdio.h> #include <stdlib.h> void main() {     int a,b,c,d,e,max,min,jumlah;     float rata2;        printf("masukan nilai ujian ke-1 ="); scanf("%i",&a);     printf("masukan nilai ujian ke-2 ="); scanf("%i",&b);     printf("masukan nilai ujian ke-3 ="); scanf("%i",&c);     printf("masukan nilai ujian ke-4 ="); scanf("%i",&d);     printf("masukan nilai ujian ke-5 ="); scanf("%i",&e);     if ( a>b && a>c && a>d && a>e)     {         max=a;     }     if ( b>a && b>c && b>d && b>e)     {         max=b;     }     if ( c>a && c>b && c>d && c>e)   

menginputkan, menghitung dan mencetak perkalian matrik 3 X 3 menggunakan bahasa c

SOAL BAHASA C USING DEV++ Buatlah program untuk menginputkan, menghitung dan mencetak perkalian matrik 3 X 3 ! #include <stdio.h> #include <stdlib.h> void main () {     int A[3][4], B[3][3],X[3][3],i,j;         /*********** MASUKAN MATRIK A ***********/     for (i=0;i<3;i++)     {         for (j=0;j<3;j++)         {             printf ("input data matrik A[%i][%i]:",i+1,j+1);             fflush(stdin);             scanf("%i",&A[i][j]);         }     }             /*********** MASUKAN MATRIK B ***********/     for (i=0;i<3;i++)     {         for (j=0;j<3;j++)         {             printf ("input data matrik B[%i][%i]:",i+1,j+1);             fflush(stdin);             scanf("%i",&B[i][j]);         }     }         /*********** PROSES PERKALIAN MATRIK A dan B ***********/     for (i=0;i<3;i++)     {         for (j=0;j<3;j++)         {             X[i][j]=((A[0][